RAINBOW ROWELL DAN CERITA DI BALIK (FANGIRL)


  • #  

    AUTHOR: Admin Website

    Holla, Spring mau cerita-cerita soal Rainbow Rowell lagi nih. Saat sesi interview di Goodreads banyak pembaca yang bertanya soal novel Fangirl ke Rainbow Rowell. Wah, makin penasaran nih, pembaca antusias dengan Fangirl, pasti novelnya kece banget! Sebelum kalian baca novelnya yang diterbitkan oleh Spring, yuk simak dulu cerita-cerita unik dari Rowell seputar novelnya ini!

     

    Sebelum menulis buku Fangirl yang begitu kental dengan nuansa fan fiction Rowell banyak membaca cerita fan fiction, lho! Nah, begitulah, supaya sebuah cerita yang kita tulis terasa nyata dibutuhkan observasi dulu, cari referensi yang kuat, agar cerita terasa gak asal tulis dan masuk akal. Saat usia Rowell remaja ia menyukai Star Wars dan X-Men lalu dia pun mencoba menulis cerita tentang mereka, dengan Rowell sendiri sebagai salah satu karakter dalam ceritanya. Meski saat itu dia belum mengerti benar bahwa cerita-cerita semacam itu bisa disebut fan fiction, Rowell hanya merasa ingin menyalurkan imajinasinya saat itu. Lalu Rowell juga sempat menjadi pembaca sekaligus fan Harry Potter. Yup! Dia juga membuat fan fiction tentang Harry Potter. Dan bagi Rowell hal-hal itulah yang menginspirasinya untuk kemudian menulis Fangirl. Jadi, menulislah tentang apa yang kita sukai dan apa yang kita mengerti, maka menulis akan terasa lebih menyenangkan.

    Tapi sayangnya buat kalian yang pengin baca fan fiction karya Rowell tentang Star Wars, X-Men dan Harry Potter, Rowell bilang gak di-publish di internet. Hiks... Meski di luar sana mulai banyak yang menulis fanfiction tentang karakter novel yang dia tulis, dia sendiri gak ingin membacanya. Kenapa? Karena katanya, masih ada kemungkinan Rowell menulis kisah baru tentang karakter ini dan ia gak mau isi kepalanya terus terbayang-bayang dengan kisah fan fiction yang sudah ada dan membuat imajinasinya jadi kurang bebas. 

     

    Satu lagi kejutan soal novel Fangirl, ternyata novel ini berasal dari NaNoWriMo lho! Mungkin kalian juga pernah menulis di NaNoWriMo, tapi untuk yang belum tahu Spring akan cerita sedikit. NaNoWriMo adalah program menulis novel bagi siapa saja dengan waktu yang dibatasi, jadi kita harus disiplin dalam menulis, yang dilihat adalah hasilnya bukan kualitas tulisan. Jadi kita bisa menulis dengan sangat alami dan mengalir. Dimulai pada November 2011 Rowell menulis draft Fangirl di NaNoWriMo. Mh.. rasanya jadi ingin buru-buru membaca novel Fangirl karya Rowell ya!

     

    Oke, jadi bagaimana kalian juga ingin menjadi penulis novel keren seperti Rowell? Mulailah menulis sejak hari ini, ciptakan karakter-karakter yang kuat dan ciptakan cerita yang membuat orang terhibur saat membacanya!

     

     

    Spring

     

    Link referensi: https://www.goodreads.com/interviews/show/916.Rainbow_Rowell

    link gambar1: http://www.pinterest.com/aime11/rainbow-rowell/

    link gambar2: http://snowbaz.tumblr.com/post/68855855591/shipsandmistletoe-endless-list-of


Back to previous page Index Pages Home