TERAPI SAMBIL BACA BUKU, MEMANGNYA BISA?


  • #  

    AUTHOR: Admin Website

    Bibliotherapy! Teknik terapi ini cukup unik dan gampang dilakukan. Dengan terapi ini kamu bisa mengusir rasa galau hingga depresi yang kamu rasakan, dengan cara lebih asyik. Yuk, sekarang kita cari tahu lebih banyak soal bibliotherapy!

     

    Penulis sekaligus filosof asal Inggris, Alain De Button, merekomendasikan buku sebagai alat terapi saat kita lagi mumet, pusing, cemas, stres, depresi, atau merasakan emosi yang labil. Dikutip dari kawankumagz.com, Alain bilang kalaucara mudah menyelesaikan masalah adalah dengan mengubah cara pikir kita dengan membaca buku. 

     

    Bibliotherapy ini akan bikin kita sadar kalau nggak ada masalah yang nggak punya jalan keluar. Kita juga nggak sendirian dalam menghadapi masalah. Bibliotherapy bakal bantu kita keluar dari masalah dengan cara yang lebih asyik. Terus, gimana caranya buku bisa bantu kita keluar dari masalah?

     

    Buku-buku fiksi akan membantu kita menemukan jalan keluar untuk masalah yang kita hadapi lewat konflik dan penyelesaiannya atau cara berpikir tokoh-tokohnya. Kalau buku nonfiksi, lebih banyak memberikan pengaruh berupa motivasi dan saran-saran secara langsung. Novel remaja dan buku anak-anak katanya lebih banyak digunakan untuk terapi ini, lho. Mungkin karena kita diajak kembali ke masa remaja dan anak-anak lagi, jadi bisa berpikir lebih simpel dan santai.

     

    Buku apa saja sih yang bisa dipakai untuk bibliotherapy? Nah, kamu harus tahu dulu masalah apa yang bikin kamu galau atau stres. Cari deh buku yang pas. Pilih bahan bacaan yang mewakili perasaan kamu. Bisa novel, puisi, cerpen, atau sekadar kutipan-kutipan buku. Kamu bisa cari referensi melalui internet, pergi ke perpustakaan, toko buku, atau tanya teman-teman kamu yang suka baca buku.

     

    Misalnya nih, buat kamu yang sedang galau karena masa transisi dari sekolah ke bangku kuliah, bisa baca novel Fangirl karya Rainbow Rowell. Terus, buat kamu yang gampang minder dengan sifat introvert kamu novel Fangirl juga cocok dibaca. Kamu akan tahu bagaimana cara Cath menjalani dan melalui konflik-konflik dalam kehidupannya. Cath yang introvert dan tokoh lainnya akan mentransfer semangatnya lewat novel ini ke kamu.

     

    Nggak ada salahnya juga kamu coba melakukan bibliotherapy ini walaupun merasa lagi nggak punya beban pikiran yang serius. Karena rajin baca buku bisa bikin pikiran selalu fresh, jadi nggak ada masalah yang menumpuk nantinya deh. ^_^ 

     

     

    Spring 

     

     

    Link Referensi:

    http://www.goodtherapy.org/bibliotherapy.html#

    http://www.kawankumagz.com/read/bibliotherapy-buku-sebagai-terapi

    http://himcyoo.wordpress.com/2013/02/19/bibliotherapy-definisi-sejarah-dan-tujuan/

     

    Link Gambar:

    http://weheartit.com/Riviere


Back to previous page Index Pages Home