KENAPA SIH BAU BUKU ITU ENAK?


  • #  

    AUTHOR: Admin Website

    Ada nggak, di antara kalian yang suka cium-cium bau buku sebelum dibaca? Kalau Spring, biasanya setiap beli buku baru atau ambil buku lama di lemari, pasti membaui aroma kertasnya dulu sebelum dibaca. Hehe.... Dulu Spring sempat mengira ini kebiasaan aneh. Sempat takut juga, jangan-jangan bisa bikin kecanduan dan berbahaya. Hii....

    Gambar : http://weheartit.com/Susi_loves

     

    Tapi ternyata, bau buku itu memang istimewa. Di luar sana juga banyak yang suka sama bau buku. Beberapa orang lebih suka aroma buku baru, tapi ada juga yang malah suka dengan aroma buku yang sudah tersimpan lama banget. Semakin lama disimpan katanya semakin wangi. Kalau Spring sih suka dua-duanya.

     

    Menurut Matija Strlic dari University College London, bau buku punya kombinasi antara aroma rumput, aroma asam, dan aroma vanili. Lignin atau zat kayu yang ada pada kertas yang bikin buku mengeluarkan bau khas. Selain dari kertas, komponen buku lain yaitu tinta dan lem juga akan melepaskan senyawa kimia ke udara dan menciptakan bau-bauan yang unik.

     

    Semakin lama buku disimpan semakin banyak senyawa kimia volatile yang menguap dan menghasilkan bau-bauan yang lebih kuat. Makanya, buku baru dan buku lama aromanya pun berbeda. Bahkan antara satu buku dan buku lain juga bisa punya bau yang berbeda, karena senyawa kimia penyusunnya nggak selalu sama.

     

    Menurut situs www.dailymail.co.uk, buku yang sudah lama disimpan bisa menghasilkan aroma yang mirip aroma almond berasal dari senyawa benzaldehyde, lalu aroma vanili dari senyawa vanillin, aroma manis dari senyawa ethyl benzene dan toluene, aroma lembut bunga dari senyawa 2-ethyl hexanol. Wah, menarik banget ya!

     

    Bau buku juga dipercaya bisa bikin pikiran seseorang lebih tenang dan nyaman lho. Kerennya lagi, bau buku sekarang dijadikan aroma terapi. Ada beberapa perusahaan yang menciptakan parfum beraroma buku.

     Gambar : http://ftape.com

     

    Selain parfum beraroma buku ada lilin beraroma buku juga, lho!

    Gambar : https://www.etsy.com

     

    Nggak cuma aroma buku lama, ada juga yang beraroma buku baru. Penasaran nih, wanginya seperti apa ya? Spring jadi pengin beli satu lilinnya, supaya kamar Spring jadi wangi buku. Hehehe....

    Gambar :www.amazon.com

     

    Lilin dan parfum ini khusus dibuat untuk para pecinta buku. Aroma buku yang unik ini juga jadi salah satu alasan para pecinta buku tetap bertahan dengan buku cetak daripada buku elektronik.

     

    Semakin bangga deh jadi pecinta buku. Karena selain isi buku yang bisa bikin tambah pintar, aromanya juga bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Sekarang Spring juga nggak perlu takut lagi kalau suka cium-cium aroma buku.

     

    Cerita dong sama Spring, kalau kamu suka aroma buku juga. ^_^

     

     

    Spring

     

     

    Link Referensi:

    http://www.iflscience.com/chemistry/where-does-smell-old-books-come

    http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2647333/Why-old-books-smell-good-Infographic-reveals-complex-chemistry-comforting-scent-yellowed-pages.html


Back to previous page Index Pages Home