YOUNG ADULT FICTION?


  • #  

    AUTHOR: Admin Website

    Gambar: fablecroft.com.au

     

    Kamu pernah dengar nggak, tentang young adult fiction atau young adult literature? Spring akan menerbitkan novel-novel bergenre young adult ini, lho. Yuk, kenalan dulu dengan genre ini!

     

    Kalau diterjemahkan, young adult fiction artinya fiksi buat kalangan dewasa muda. Young adult fiction atau fiksi YA ini termasuk genre fiksi berdasarkan umur. [u1] Menurut Wikipedia, kisaran usianya antara 16-25. Usia 10-15 tahun adalah kategori fiksi remaja, usia 25 tahun ke atas masuk kategori fiksi dewasa. Kamu termasuk kategori usia yang mana nih?

     

    Dewasa muda adalah saat kita mulai melepas masa remaja dan siap-siap menuju ke fase dewasa. Kadang-kadang, karena fiksi YA ada di antara fiksi remaja dan fiksi dewasa, ada yang masih bingung membedakannya. Oke, biar kamu nggak ikut bingung, Spring akan kasih tahu ciri khas fiksi YA!

    Gambar : elainestock.blogspot.com 

     

    Ciri yang paling sederhana membedakan novel atau fiksi YA adalah dari usia dan karakter tokoh utamanya. Ceritanya kebanyakan lebih fokus ke dalam pencarian jati diri. Misalnya, tokoh Cath di novel Fangirl karya Rainbow Rowell. Sudah baca novelnya, kan?

     

    Terus, dilihat dari target pembacanya, isi cerita fiksi YA nggak terlalu rumit, tapi lebih kompleks dibanding fiksi remaja. Contohnya konflik di novel Cheeky Romance yang diterbitkan Kakaknya Spring, Penerbit Haru. Konflik antara Yoo Chae dan Yoon Pyo soal kesalahpahaman mereka. Yoon Pyo mengira Yoo Chae sedang hamil.

     

    Tema yang dipilih dalam fiksi YA biasanya terinspirasi langsung dari kehidupan para dewasa muda. Makanya, pembaca pun merasa dekat dengan karakter dan konflik dalam cerita. Soalnya sebagian besar pembaca sedang atau pernah mengalami masalah sejenis dan secara nggak langsung diajak juga untuk menemukan jalan keluarnya di akhir cerita.

     

    Meski target pembacanya dewasa muda, bukan berarti kamu yang sudah dewasa nggak bisa baca, lho. Bisa banget kok! Karena cerita yang ditulis dalam fiksi YA tetap bisa dinikmati sama pembaca dewasa. Konflik-konflik yang greget dan cara cerita yang segar bisa bikin kamu nostalgia. Ingat-ingat waktu kamu ada di usia itu, asyik banget pastinya! 

     

    Fiksi YA juga nggak melulu soal percintaan kok. Ada juga kok yang berbau misteri, fantasi, komedi, dan lain-lain. Mau baca novel-novel YA lebih banyak lagi? Ssttt... tunggu novel-novel young adult keren terbitan Spring, ya!

     

    Spring

     

     

    Link referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Young-adult_fiction


Back to previous page Index Pages Home