ISTILAH-ISTILAH UNIK TENTANG BUKU YANG PERLU KAMU TAHU


  • #  

    AUTHOR: Admin Website

    Wah, ternyata banyak juga istilah-istilah unik tentang buku, lho. Istilah-istilah ini perpaduan bahasa Latin, Yunani dan sedikit Inggris. Jadi memang agak asing, tapi artinya menarik-menarik banget. Sebagai pecinta buku, kamu juga perlu tahu nih! ^_^

     

    Librocubicularist

    Gambar : http://weheartit.com/btls

     

    Yup! Orang yang suka baca buku di tempat tidur disebut librocubicularist. Apa kamu salah satunya? Tempat tidur memang jadi salah satu tempat favorit membaca para pecinta buku. Ssttt... Spring juga termasuk librocubicularist, lho. Teman-teman di sini juga diam-diam mungkin ada yang termasuk librocubicularist juga, ya? Hihi.... 

     

    Abibliophobia

    Gambar : http://weheartit.com/lifeisdump

     

    Biasanya seseorang yang mengalami abibliophobia ini suka banget menimbun buku, walaupun banyak buku yang belum kebaca. Abibliophobia bisa merasa sangat frustasi kalau sampai nggak punya bahan bacaan. Menurutnya, lebih baik membeli banyak buku sekaligus, karena dia takut kehabisan bahan bacaan tiba-tiba. Kayak persedian makanan aja ya, nggak boleh sampai kosong. :D

     

    Bibliomaniac

    Gambar : http://weheartit.com/AshIrwiex

     

    Seorang bibliomaniac atau bibliomania ini bisa ketagihan membeli buku yang sama dalam berbagai versi. Biasanya bukunya nggak dibaca, tapi cuma buat memuaskan keinginannya aja. Salah satu tokoh bibliomaniac adalah Sir Thomas Phillipps, 1st Baronet (1792-1872). Dia punya koleksi 160.000 buku dan manuskrip. Wow, banyak banget ya koleksi bukunya!

     

    Seorang bibliomaniac akut bisa punya kebiasaan psikologis aneh. Bibliokleptomania, suka mencuri buku untuk bahan koleksinya. Biliotaphy, suka mengubur buku untuk menyembunyikan koleksinya agar nggak diambil orang lain. Bibliophagy, saking terobsesi dengan buku, dia nggak hanya menimbun atau membacanya, tapi juga memakan bukunya. Ada dua tokoh yang tercatat dalam sejarah mengalami bibliomaniac sekaligus bibliokleptomania, yaitu Stephen Blumberg dan Reverand W.F Whitcher.

     

    Bibliophile

    Gambar : http://weheartit.com/JuliAppratto

     

    Banyak yang sering tertukar antara bibliomania dan bibliophile, tapi keduanya nggak sama. Bibliophile ini seorang kutu buku. Dia benar-benar mencintai buku, tapi nggak punya obsesi berlebihan atau kebiasaan aneh seperti yang biasanya dialami bibliomaniac. Biasanya seorang bibliophile hobi mengoleksi, membaca, dan merawat bukunya. Bagi para bibliophile buku adalah teman baiknya. :)

     

    Bibliobibuli

    Gambar : http://weheartit.com/zigzagnovem

     

    Bibliobibuli ini biasanya daya bacanya di atas rata-rata banget. Kalau seseorang butuh dua hari untuk menyelesaikan novel tebal, dia bisa menyelesaikannya beberapa jam saja. Jadi dalam seminggu dia sudah bisa menghabiskan banyak buku. Membaca adalah hal yang paling menyenangkan untuknya. Kapan pun ada kesempatan pasti dia membaca buku deh. Pasti seorang bibliobibuli ini pintar dan berwawasan luas banget! Bisa disebut, seniornya kutu buku. Hehe....

     

    Nah, gimana pendapat kamu tentang istilah-istilah seputar buku tadi? Ada yang punya pengalaman unik dengan salah satu istilah di atas atau mau menambahkan istilah unik lainnya? ^_^

     

    Spring

     

    Link referensi :

    http://en.wikipedia.org/wiki/Bibliomania

    http://en.wikipedia.org/wiki/Bibliophilia


Back to previous page Index Pages Home