GENRE NOVEL BERDASARKAN JURUSAN SMA


  • #  

    AUTHOR: Admin Website

    Teman-teman yang masih SMA atau sudah lulus sekolah, Spring mau tanya dong. Apa jurusan yang kamu ambil di SMA? IPA, IPS atau Bahasa? Jurusan SMA biasanya ditentuin berdasarkan minat atau bakat kita. Sama dengan genre novel yang kita suka, biasanya ditentuin dengan minat juga. Jadi, kita bisa tahu nih kira-kira genre novel yang disukai seseorang berdasarkan jurusan SMA.

    Bahasa

    Gambar : minifootballparadise.gr

     

    Anak jurusan Bahasa ini biasanya suka sama sesuatu yang berbau bahasa dan budaya. Tipe-tipe orang yang lebih suka menghayati isi novel.

     

    Ini genre-genre yang cocok buat jurusan Bahasa:

     

    - Sastra

    Novel sastra biasanya menggunakan bahasa puitis cocok banget buat jurusan Bahasa yang banyak belajar soal bahasa Indonesia dengan lebih detail.

     

    - Klasik

    Novel klasik banyak mengambil tema seputar budaya atau kehidupan negara asal penulis. Kemungkinan besar jurusan Bahasa bakal tertarik nih.

     

    - Romantis / Drama

    Jurusan Bahasa pasti nggak asing sama puisi yang romantis. Kisah drama percintaan yang romantis biasanya disukai karena ceritanya yang menyentuh, terutama buat anak perempuan.

     

    IPA

    Gambar : heartpeep.com  

     

    Nah, anak IPA ini biasanya suka sama hal-hal yang berbau kehidupan manusia, ilmu pengetahuan, alam semesta dan juga suka menganalisis.

     

    Ini genre-genre yang cocok buat jurusan IPA:

     

    - Science Fiction

    Genre science fiction yang biasanya mengangkat tema tentang perkembangan ilmu pengetahuan, pas banget sama jurusan IPA.

     

    - Misteri

    Genre misteri ini seperti kisah detektif atau novel pembunuhan. Karena suka menganalisis jadi kemungkinan besar jurusan IPA suka genre yang bikin penasaran kayak gini.  

     

    - Horor

    Mirip dengan misteri bedanya kalau horor lebih ke cerita supernatural, hantu atau psikologis. Tapi sama-sama perlu ketelitian dan pengamatan saat menontonnya.

     

     

    IPS

    gambar : favim.com  

     

    Anak jurusan IPS biasanya tertarik memperlajari sesuatu yang berbau sosial dan berpikiran lebih terbuka.

     

    Ini genre-genre yang cocok buat jurusan IPS:

     

    - Komedi

    Genre komedi menunjukan sikap atau interaksi antar karakter untuk menciptakan suasana yang lucu dan menghibur. Cocok dengan jurusan IPS yang suka membahas interaksi antar manusia.

     

    - Romantis

    Genre romantis ini memang bisa disukai siapa aja. Jadi selain jurusan Bahasa, jurusan IPS yang sering belajar soal kehidupan sosial dan interaksi kemungkinan akan suka juga.

     

    - Fantasi

    Cerita fantasi biasanya melewati batas kenyataan atau menggunakan imajinasi dan daya khayal dalam menciptakan cerita. Genre ini cocok buat jurusan IPS yang berpikiran bebas dan terbuka.

     

    Kadang jurusan SMA bisa mempengaruhi minat baca kita. Walaupun bisa aja, genre novel favorit kita nggak sesuai dengan jurusan SMA. Semuanya tetap tergantung selera tiap orang. Sekarang Spring mau tahu, apa jurusan SMA kamu dan genre yang kamu suka? Cerita-cerita, yuk sama Spring! ^_^

     

     

    Spring


Back to previous page Index Pages Home