WRITING ADVICE ALA JENNY HAN


  • #  

    AUTHOR: Admin Website

    Bisa punya novel sendiri itu memang kelihatannya asik ya? Tapi kok kalau sedang coba nulis novel sendiri terasa susah banget? Rasa malas, mentok ide, bingung mau nulis apa lagi, atau sibuk dengan hal-hal lain, jadi kadang cita-cita punya novel sendiri sering terabaikan gitu aja. Tapi sebetulnya semua bisa dilakukan kok, asal kita punya tekad! Well, hasil ngintip-ngintip Spring di home page Jenny Han, www.dearjennyhan.com, ada writing advice yang bisa banget kita simpan untuk menyemangati diri sendiri saat menulis nih!

    Jenny Han bilang, "My best advice is to first write for yourself and stay in your story and just pour all of your good stuff and bad stuff into it. By "stuff", I mean all the experiences and pleasures and little hurts that make up a life. Because even (and especially) the really hard experiences are worth having, if you can channel those emotions into something beautiful."

    Nah, menurut Jenny saat pertama memutuskan untuk menulis, menulislah untuk diri kita sendiri. Jadi saat menulis kita harus fokus, gak terpengaruh orang lain, gak terpengaruh hal-hal lain, pokoknya sebisa mungkin kita menulis dengan rasa nyaman dan gak membebani diri sendiri.  Jangan melulu menuangkan hal-hal yang indah, karena pada kenyataannya kehidupan punya banyak warna, kesedihan dan kebahagiaan bisa jadi hal yang sangat berharga. Begitu juga saat menulis cerita kadang kisah yang menyakitkan justru bisa membuat cerita jadi semakin hidup dan menyentuh para pembaca, lho!

     

    Jenny Han juga bilang saat menulis kita perlu menyalurkan emosi dengan baik agar bisa menciptakan sesuatu yang menakjubkan! Kalau menurut pepatah, pengalaman adalah guru yang baik. Jadi memasukan pengalaman hidup adalah salah satu trik untuk menambah warna-warni dalam cerita yang ditulis.

     

    Bagaimana, kalian sudah siap menulis? So, gak perlu menunda-nunda, jangan tergantung dengan mood, bisa-bisa tulisanmu gak akan selesai-selesai. Buktikan kita bisa, pertama-tama buktikan pada diri kita sendiri, setelah itu buktikan pada dunia bahwa kalian punya cerita yang sangat menarik untuk dibaca! Selamat menulis, selamat bercerita! ^_^

     

    Spring 

     

    Sumber Gambar

    Gambar 1: http://cebudailynews.inquirer.net/35019/jenny-hans-story-worth-telling 

    Gambar 2: http://cebudailynews.inquirer.net/35019/jenny-hans-story-worth-telling


Back to previous page Index Pages Home